Fakta Pencabutan Bagasi Gratis Lion Air dan Wings Air

Pemberitaan mengenai berbayarnya layanan bagasi maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air mendapat perhatian tersendiri di masyarakat. Sebelumnya, penumpang kedua maskapai tersebut tidak dikenai biaya bagasi tambahan apabila berat bagasi tidak melebihi batas yang ditentukan maskapai. Namun, pihak Lion Air Group mengeluarkan kebijakan baru, di mana kedua maskapai hanya menanggung 7 kilogram bagasi penumpang, apabila berat bagasi melebihi aturan tersebut, maka penumpang diharuskan membayar biaya tambahan. Berikut 5 fakta mengenai bagasi dalam penerbangan Lion Air dan Wings Air yang tak lagi gratis:

Lion Air dan Wings Air

1. Mulai diterapkan Mulai 8 Januari 2019, kedua maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group tersebut mencabut layanan bagasi cuma-cuma 20 kilogram per penumpang. Dari hal tersebut, maka penumpang hanya digratiskan membawa 7 kilogram bagasi. Apabila melebihi, maka penumpang diharuskan membayar biaya untuk bagasi tambahan.

2. Rentang waktu yang mepet Kebijakan pencabutan fasilitas bagasi gratis oleh dua maskapai Lion Air Group tersebut mendapatkan respons dari Komisi V Dewan Perakilan Rakyat (DPR). Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menyampaikan bahwa pengeluaran kebijakan dengan rentang waktu diberlakukan sangat mepet. Sebab, kebijakan baru dikeluarkan pada 3 Januari 2019, dan mulai berlaku pada 8 Januari 2019. Fary mengimbau, dengan bagasi berbayar tersebut, maka keamanan bagasi mestinya lebih meningkat pengawasannya, sehingga tidak ada lagi keluhan pembobolan atau pencurian bagasi.

3. Ketentuan bagasi cuma-cuma Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, penumpang yang telah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019, maka tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kilogram dan 10 kilogram untuk Wings Air. Penerbangan Lion Air Group memberlakukan untuk beberapa barang yang diikat atau dibungkus menjadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin. Disebutkan, calon penumpang pengguna Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi, bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan, website Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

4. Harga Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, bagasi kabin tetap gratis, apabila berupa satu buah tas jinjing dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm, berat beban tidak melebihi 7 kilogram. Barang yang diikat atau dibungkus tidak dianggap sebagai satu buah bagasi kabin. Bagasi kabin yang melebihi 7 kilogram akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan dan disesuaikan dengan rute penerbangan. Dari situs resmi Lion Air, harga bagasi tambahan dengan berat 10 kilogram Rp 310.000, 15 kilogram Rp 465.000, 20 kilogram Rp 620.000, 25 kilogram Rp 755.000, dan 30 kilogram Rp 930.000.

5. Pembelian bagasi Calon penumpang kedua maskapai dapat membeli bagasi di muka dengan harga lebih murah ketika melakukan pemesanan tiket atau maksimal enam jam sebelum keberangkatan. Bagasi tambahan ini dapat dibeli melalui situs Lion Air, agen perjalanan, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Sebagai tambahan informasi, penerbangan langsung rute Jakarta-Bali akan dikenai biaya Rp 155.000 setiap tambahan 5 kilogram bagasi. Sebagai tambahan informasi, di situs resmi Lion Air, terdapat fitur kursi pilihan yang dijual dengan harga tambahan Rp 80.000. Cool seat tersebut berada di bagian depan dan tengah.

0 Response to "Fakta Pencabutan Bagasi Gratis Lion Air dan Wings Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel