Nyeri Dada Kiri Setelah Olahraga? Ini Dia Penyebabnya

Nyeri dada kiri dapat terjadi ketika Anda melakukan olahraga kardio untuk melatih jantung, Anda dapat merasakan detak jantung lebih cepat sehingga dada menjadi nyeri. Saat hal ini terjadi, Anda harus beristirahat untuk mengembalikan denyut jantung agar normal kembali, kemudian baru melanjutkan berolahraga lagi.

Nyeri Dada Kiri Setelah Olahraga

Ternyata terdapat penyebab lain dada sebelah kiri sakit setelah Anda berolahraga. Rasa nyeri atau sakit dada yang muncul dapat terjadi saat berlari, namun ada rasa sakit yang seharusnya tidak dibiarkan, karena penyebab lain.

1.    Pemula dalam Hal Olahraga Lari
Setiap orang dapat berlari, namun Anda pasti akan mudah kehabisan tenaga apabila tidak terbiasa lari sebelumnya. Itulah yang akan terjadi ketika Anda masih pemula dalam hal olahraga lari.
Butuh pembiasaan sehingga dada Anda tidak mudah sakit sebab detak jantung yang semakin cepat. Seiring dengan Anda yang telah terbiasa berlari, rasa nyeri di dada akan semakin jarang terjadi.

2.    Kram Otot Dada
Tidak hanya otot kaki saja yang bisa kram, namun otot dada juga bisa menjadi kram atau tegang dan susah digerakkan. otot yang disebut dengan intercostal ini dapat tegang karena Anda kekurangan cairan tubuh atau mengalami dehidrasi. Kurangnya elektrolit dalam tubuh inilah yang menyebabkan otot dada menjadi kram. Cara mengatasinya, perbanyaklah minum air putih.

3.    Maag
Anda mungkin tidak menyadarinya, bahwa ternyata asam lambung dapat menyebabkan rasa nyeri dada kiri. Tekanan pada sistem pencernaan menyebabkan asam lambung naik ke esofagus sehingga menyebabkan rasa sakit di dada. Cara mengatasinya, sebaiknya saat Anda berolahraga tidak dengan keadaan perut yang kosong, makanlah sedikit sebelum berolahraga.

4.    Gangguan Asma dan Paru-Paru
terdapat beberapa kondisi gangguan sistem pernafasan yang menyebabkan rasa nyeri di dada terutama pada bagisan dada sebelah kiri, dan salah satunya yaitu asma. Pengobatan untuk mencegahnya dapat dilakukan agar tidak kambuh saat sedang berolahraga.

Selain asma, kemungkinan Anda juga mengalami pneumothorax, yaitu terdapat cairan yang masuk ke paru-paru sehingga menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian dada. Anda pun harus waspada terhadap gejala tersebut.

5.    Komplikasi Jantung
Penyebab rasa nyeri pada dada sebelah kiri yang paling parah. Semakin cepat Anda berlari, semakin besar kemungkinan untuk merasakan sakit pada dada Anda. Namun, jika Anda memiliki kondisi jantung koroner, yaitu darah menggumpal dan menyumbat arteri, sehingga timbul rasa sakit di jantung. Bahayanya, hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan komplikasi lainnya.

Rasa sakit pada dada bagian kiri bisa disebabkan oleh banyak hal dan juga penanganan yang berbeda-beda. Rasa sakit itu juga dapat muncul karena jarang berolahraga. Di Orami, Anda bisa menemukan berbagai jenis perlengkapan dan peralatan yang menunjang kesehatan Anda.

Selain itu, Anda dapat menemukan informasi kesehatan penyebab nyeri dada kiri dan artikel kesehatan lainnya. Dengan demikian, Anda bisa menjaga kesehatan dengan baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Post a Comment

0 Comments